Thursday, March 09, 2006

[ GeoPhysic ]

Fenomena : Gravitasi di Ekuator Paling Kecil.

Gaya gravitasi di permukaan bumi pada daerah ekuator memang relatif lebih kecil dibandingkan dengan keduakutub bumi, alasannya:

1. Kamu semua pasti sudah tahu sejak SMP/SMU kalau gaya gravitasi itu berbanding terbalik terhadap kuadrat jarak antar benda. Tetapi mengapa berbeda? Ini disebabkan bumi tidak berbentuk bulat sempurna tetapi berbentuk agak lonjong dimana bagian ekuatornya lebihjauh dari pusat bumi (lebih gendut). Hasilnya, medan gravitasi di bagian ekuator (surface) lebih lemah.


2. Gerakan rotasi bumi terhadap sumbunya (kutubUtara-Selatan) menyebabkan timbulnya gaya sentrifugal pada bagian ekuator bumi sedangkan pada kedua kutubnyatidak ada. Hal ini membuat benda-benda yang ada didaerah ekuator merasa seakan-akan terlempar keluardari bumi. Tapi, besar gaya ini jauh lebih kecil darigaya yang ditimbulkan gravitasi, sekitar 0.3 % gayagravitasi bumi rata-rata. (Gaya ini tidak mempengaruhigaya gravitasi bumi terhadap benda tersebut, tetapihanya mempengaruhi gaya yang bekerja terhadap benda)

Nah..koq bumi tidak berbentuk bulat sempurna tapi agak lonjong?

Gerakan rotasi bumi yang telah berlangsung dalam waktu yang sangat lama ini menyebabkan demikian. Hal ini menyebabkan timbulnya perbedaan potensial antara daerah ekuator dengan daerah kutub. Potensial ini bukanlah potensial listrik, melainkan potensial yang diakibatkan oleh adanya kontribusi dua gaya pada benda2 tsb (misal: tanah) yakni gaya sentrifugal dan gravitasi. Sehingga bumi seakan-akan mengatur bentuknya sendiri agar potensial yang ada di seluruh permukaan bumi sama.

Analogikan dengan dua benda yang mengandung muatan listrik yang berbeda besarnya,.. jika kita hubungkan kedua benda tersebut dengan konduktor, maka akantimbul arus listrik (perpindahan muatan listrik)sampai kedua benda itu memiliki potensial listrik yangsama.


No comments: